OM PAPA


Bokap gw berprofesi sebagai seorang pelaut. Jaman anak-anaknya masih kecil, bokap gw sering berlayar ke luar negeri. Bokap di kontrak oleh perusahaannya kadang dua atau tiga tahun, dan selama itu lah bokap gw di luar negeri, kemudian baru bisa pulang kerumah ketika masa kontraknya habis. Bisa di bilang bokap gw tuh the real 'Bang Toyib', cuma bedanya bokap gw tetep pulang. Anak-anaknya di rumah terbiasa menjalani hari-hari tanpa bokap. Puasa nggak sama bokap, lebaran nggak sama bokap, naik kelas gak sama bokap, pokoknya jarang deh kita ngabisin waktu sama bokap. Tapi anak-anaknya sih fine-fine ajah dan nyokap selalu ngasih pengertian kalo bokap nggak ada itu karena dia adalah seorang kepala keluarga yang harus bekerja untuk memenuhi biaya kebutuhan rumah tangga. 

Setelah kelahiran gw, alhamdulillah nya bokap lagi ada di Jakarta. Jadi bokap masih bisa melihat anak bungsunya lahir dengan selamat. Tapi kehadiran gw pada saat masih bayi nggak begitu lama, beberapa waktu kemudian bokap ada panggilan kerja dan harus berlayar lagi ke luar negeri dengan durasi waktu yang cukup lama seperti biasanya, kalo nggak salah sekitar dua tahun lebih. Gw di tinggal dalam keadaan masih bayi dimana gw belum bisa mengenal bokap gw sendiri. Untungnya ada salah satu sosok pengganti bokap yang gw anggep uda kaya bokap gw sendiri yaitu suami dari kakaknya nyokap biasa gw panggil papa vicky.


kalo kalian lihat pria berbaju kuning yang berdiri di belakang, nah itu papa vicky aku 


Sosok papa vicky ini memang di kenal sebagai orang yang suka sama anak kecil tapi bukan pedophil loh ya. Jadi semua anak-anak nyokap gw deket sama dia. Dia juga seorang yang baik banget, penyayang, dan dermawan. Gw panggil dia papa vicky karena memang gw deket banget dan gw lihat dia adalah bokap kandung gw. Jadi kalo ada yang nanya ke gw "Papa ayu mana?", pasti gw jawab "tuh papa ayu" sambil nunjuk ke papa vicky. Sebelumnya kakak-kakak gw nggak ada yang manggil papa, pencetus utamanya adalah gw barulah kaka-kakak gw yang lain pada ikutan manggil dengan panggilan tersebut. 

Sekitar dua tahun kemudian, bokap pulang dari berlayar. Bokap pulang tengah malem dan gw sudah tertidur pada saat itu. Gw tidur sama nyokap gw dan keesokan paginya saat gw terbangun gw melihat satu sosok yang asing tertidur disamping nyokap gw. Karena saking aneh dan heran dengan sosok itu gw bangunin lah nyokap dan berbisik, "mah mah itu siapa?" tanya gw. Nyokap terbangun, "hhh itu papa" jawab nyokap gw. "Butan, itu butan papa, itu om" kata gw mengelak. "Itu papa" kata nyokap berusaha untuk meyakini gw. "Om papa?" tanya gw yang makin ngaco. "Itu papa bukan om" nyokap masih aja berusaha meyakinkan. "Om papaa.." gw masih nggak terima itu bokap gw. Gw kalo inget cerita ini suka ketawa sendiri hhahah. 

Umur gw pada saat itu kalo nggak salah hampir tiga tahun. Anak umur tiga tahun pastinya uda bisa ngomong, jalan , dan tahu mana sosok ayah atau ibunya. Karena selama gw di tinggal bokap berlayar gw nggak pernah ngelihat bokap kandung gw itu seperti apa. Ya so pasti lah gw nggak kenal bokap gw sendiri dan jadi merasa asing pas pertama kali ngelihat dia. Btw bokap cukup sedih ngelihat anak bungsunya bener-bener nggak kenal sama ayah kandungnya sendiri. tapi ya mau gimana lagi itu sudah resiko dari pekerjaannya dia sebagai seorang pelaut yang jarang pulang kerumah. Salutnya dari bokap gw adalah dia terus cari cara agar gimana caranya gw bisa menganggap dia adalah ayahnya dan bisa 'lengket' sama dia. 

Nenek gw ngasih bocoran ke bokap perihal sa;ah satu kegiatan yang gw suka sehari-hari. Nenek gw bilang ke bokap, "Coba ajak dia naik sepeda, dia suka tuh diajak keliling-keliling naik sepeda". Tanpa pikir panjang bokap ngeluarin sepeda di depan mata gw dengan mengeluarkan kata-kata ajakan yang sangat menggoda gw, "mau naik sepeda ahh jalan-jalan.."kata bokap mencoba menarik perhatian gw.  "tuh papa mau jalan-jalan tuh naik sepeda, ikut gih" kata nyokap yang mencoba manas-manasin gw. Karena naik sepeda dengan di gonceng di depan itu merupakan kegiatan yang sangat gw sukai, gw susah banget untuk nolak. Awalnya gw nolak tapi hati ini nggak kuat, sepertinya emang gw uda murahan dari kecil dah, gampangan banget wkwk. Akhirnya gw mau ikut ajakan bokap gw dan semenjak itu, jalan-jalan naik sepeda jadi kegiatan rutin setiap hari selama bokap ada di rumah. 

Bokap berhasil ngambil hati gw dan thanks God akhirnya gw mengakui itu bokap gw tanpa memanggil om papa lagi tapi jadi papa doang hahaha. Berawal dari ajakan naik sepeda itu gw jadi nempel terus sama bokap gw. Pernah nyokap gw suruh tidur di bawah biar bisa gw tidur sama bokap gw hahaha, setelah lengket malah jadi kejam. Selama bokap lagi ada dirumah, setiap gw pulang ke rumah dari manapun pasti yang di cari paling utama adalah bokap gw haha. 

Beruntungnya kita sebagai anak-anaknya, bokap sadar betul nggak bisa selalu ada di samping anaknya seperti  ayah-ayah yang lain. So kalo lagi dirumah tuh sebisa mungkin dia ngabisin waktu dengan anaknya atau berbuat sesuatu seperti mengantar anaknya ke sekolah atau tempat les, ngajak gw naik sepeda, atau yang paling simple ngobrol bagaimana hari-hari anaknya disekolah atau sekedar bertanya sudah makan apa belum. Hal-hal itu yang membuat kita sebagai anaknya tidak merasa sosok ayah hilang karena pekerjaannya. Kita selalu merasa kalau meskipun papa jauh atau papa nggak ada buat kita di hari-hari penting, kita tetap merasa perhatian papa tetep ada walaupun jauh. oke sekian cerita gw, I hope you like it. ;) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SI BUNGSU ADALAH BAYI BERTANDUK

AYU BUKANLAH PANGGILAN SAHABAT