AYU BUKANLAH PANGGILAN SAHABAT

Secara nama gw Ayu reffiyanti, sudah sewajarnya kalo gw di panggil Ayu ya kan. Nama panggilan gw memang Ayu kok, tapi kalo kalian ketemu temen temen deket gw jangan kaget ya mereka manggil gw apa hehehe. Di masing-masing jengjang pendidikan gw, gw punya nama panggilan yang berbeda. Dari gw TK sampa gw kuliah nama panggilan gw beda-beda. Mungkin kalian ngerasa temen-temen gw gak rela kali ya manggil gw dengan nama Ayu, secara Ayu kan artinya cantik. Padahal nama gw sama appearance gw sama kok hahahhahaha. Di tulisan gw kali ini gw  bahas satu-satu ya, nggak semuanya gw ceritain sih, gw bakal cerita nama nama panggilan yang menurut gw paling populer dan sifatnya everlasting sampe sekarang wkwkwkwk. Mau tau gimana ceritanya baca nihhh... 


1. KITING 

kakak pertama -  gw - kakak ketiga - kakak kedua


Di mulai pada saat gw memasuki Taman Kanak-Kanak. gw keturunan dari orang tua yang berambut keriting. Bapak gw keriting emak gw juga keriting dan so pasti ya rambut gw keriting lah, kalo rambut gw lurus, berarti gw anak pungut dong. Balik lagi soal gw masuk TK pertama kali, dengan rambut keriting gw, temen temen gw pada ngatain ayu kiting atau kiting nya doang. Rata-rata sih mereka manggil gw kiting doang. Kalo di pikir gila ya cara pertemanan gw dari kecil ada tau ceng-cengan wkwkwkw. Di panggil kiting tidak membuat gw marah atau nggak mau masuk sekolah. Waktu gw kecil gw seneng banget sekolah semangat empat lima deh pokoknya. Pada saat itu buat gw sekolah adalah hal yang menyenangkan. Jadi meskipun temen-temen gw ngatain atau manggil gw kiting, ya bodo amat gw katain aja balik gendut kek jelek kek namun setelah itu kita tetep main perosotan bareng. 


2. BUAYA 



Naik ke tahap pendidikan SD, otomatis jenjang pertemanan makin melebar. TK cuma punya dua kelas perangkatan dan jumlah siswanya pun lebih sedikit ketimbang SD. Cara bergaulnya pun uda naik kelas lagi nih, plus lebih keras lagi lah dikit. Panggilan kiting uda mulai sirna walaupun beberapa masih ada yang manggil gw kiting karena temen sekelas gw ada yang satu TK juga. Bercandaan nya uda mulai urusan asmara walaupun anak SD mana tau asmara beneran. lo ngobrol dikit sama temen cwo udah di bilang suka, bahkan lo duduk sebangku sama dia uda di bilang pacaran. sungguh cocoklogi anak-anak yang kebablasan tapi lucu hahaha. 

Ceritanya kita lompat ke beberapa tahun kemudian ya tepatnya pas gw uda kelas empat. Namanya temen sekelas itu itu ajah otomastis uda solid dong. kita mau di katain apa juga udah nggak marah marahan, berantem iya wkwkw. Gw inget banget lagi belajar biologi soal klasifikasi hewan. Di pelajaran itu klasifikasi hewan ada herbivora, karnivora, mamalia , reptil yang begitu begitu deh. Pada saat itu situasi belajarnya tuh kita disuruh membaca per kategori hewan, misalnya gw kebagian baca hewan mamalia, nah gw baca dah tuh seluruh bagian teks hewan mamalia nanti kalo uda mau ke kategori hewan lain guru gw nunjuk yang lain untuk melanjutkan membaca kategori hewan selanjutnya. 

Ketika salah satu temen gw di tunjuk untuk membaca kategori hewan reptil, salah satu temen gw yang lain nyeletuk dengan kerasnya " Ayu reptil anti ", sontak temen gw satu kelas pada ketawa kecil karna kalo ketawa  terbahak-takut di omelin bu guru. Dalam hati gw "wah mulai nih", bener aja setelah ada yang nyeletuk seperti itu semua temen gw dikelas ngatai gw reptil, karena kepanjangan dari Ayu reptil anti. Sungguh cocoklogi yang luar biasa bukan. Namanya juga bocah haha. Tidak berhenti disitu karena satu kelas paham kalo salah satu hewan reptil itu adalah buaya, mereka auto manggil gw buaya dengan alasan, " Buaya kan hewan reptil ". Bener sih buaya itu hewan reptil, tapi apa hubungannya sama gw coba. Emang anak SD pemikirannya suka ada-ada aja dah. 

Sejak saat itu panggilan buaya seolah trademark buat gw. Nggak hanya di kelas gw tapi kelas lain bahkan temen-temen di gangan gw pun juga manggil buaya, seakan akan panggilan buaya itu seperti virus zombie di film Resident Evil,  cepet banget nyebarnya. 


3. KEDELE

foto hanya ilustrasi


Untuk bagian ini gw melompat ke rentan waktu yang agak jauh ya. Cikal bakal gw di panggil kedele bermula dari gw SMA. Mungkin kalian berfikir "Lah kok jauh amat ke SMA berarti SMP lo nggak ada nama panggilan baru dong". Nama panggilan baru sih ada tapi sifatnya nggak terlalu populer jadi kurang menarique kalo gw ceritain hehehe. Balik lagi ke jaman gw SMA ya, tepatnya pas gw kelas dua SMA. Singkat cerita gw dulu punya temen gengan. Temen gengan gw nggak ada yang manggil gw dengan nama julukan tertentu. Semuanya tetep manggil gw Ayu. Mereka manggil gw Ayu selain emang nama gw Ayu mereka bukan temen TK SD atau SMP jadi aman lah ya dari panggilangpanggilan laknat itu. 

Setelah gw merasa aman dan nayaman dengan nama panggilan gw sesungguhnya. Muncul lah salah satu temen sekelas di luar gengan gw bernama Redi. Berawal dari gw , temen segengan, dan si redi ngobrol, bercanda, kata-kataan sampe pada akhirnya tercetus lah dengan gw sebagai targetnya Redi untuk di beri julukan. "Eh lu kaya kedele deh, kecil padet" kata Redi sambil nunjuk gw. Seketika temen temen gw pada ketawa mendengar lelucon yang sangat receh itu. Dan akhirnya seperti yang kalian bisa tebak, mulailah temen-temen gw pada manggil gw kedele, asem emang. 

Pernah panggilan kedele sampe membingungkan emak gw pas bagi rapot. Biasa kan kalo bagi rapot orang tua dateng untuk ngambil rapotnya kan. Pada saat uda mau pulang kerumah nyokap memutuskan untuk naik becak karena rumah gw juga nggak begitu jauh dari sekolah. Salah satu teman segengan gw ada yang mau ikut nebeng sampe depan gang, alhasil kita naik becak bertiga. Di tengah perjalanan nyokap gw kebingungan denger gw ngobrol sama temen gw yang manggil kedele. Karena ngerasa itu obrolan anak muda nyokap gw diem aja selama perjalanan. Sesampainya di rumah nyokap gw nanya, "Tadi temen lu ngomong sama siapa sih la le la le gitu?". Sontak gw ketawa "hahahahaha. le itu aku mah, maksudnya kedele. aku tuh dipanggil sama temen temen kedele, soalnya katanya aku tuh kecil padet kaya kedele". Emak gw langsung " Oh...... pantes, tadi tuh mama bingung ni anak ngomong sama siapa sih la le le, ternyata itu lu". 

Panggilan kedele menurut gw emang lucu sih dan meaningfull lah dari pada buaya atau sekedar kiting. Walaupun maksud dari nama panggilan itu nyebelin bgt sih, secara kecil padet apaan coba. Tapi seenggaknya meskipun kedele itu kecil padet tapi kedele itu makanan bergizi hahahaha.


4. KOMAT

foto jaman kuliah 


Dari semua nama julukan gw, ini adalah salah satu nama julukan gw yang paling mendarah daging, menghancurkan reputasi, dan paling nggak jelas asal usulnya. Kadang gw suka malu, mau di tutup tutupin juga susah, mau di alihkan ke julukan yang lain susah. Gw uda nggak ngerti cara menghapus julukan ini ibaratnya mah ini nama panggilan uda nyerep banget ampe ke tulang. 

Nama ini bermula dari awal awal gw kuliah dari salah satu kampus di Jakarta yaitu Institut Bisnis Nusantara. Ketika gw lagi ada kelas mata kuliah apa gitu gw lupa pokoknya pada saat itu baru sekitar sebulan atau dua bulan gw kuliah disitu, pas kita lagi nyimak kelas, di belakang gw duduk lah beberapa anak laki laki yang keliatan bengal bengal dah hahaha. Karena kita masih pada baru baru otomatis kita belom kenal satu sama lain. Salah satu anak yang duduk di belakang gw bernama Fuad biasa di panggil kuping, manggil gw berniat untuk minjem sesuatu atau mau ngapain gitu gw lupa. Karena dia nggak tau nama gw, dia manggil tanpa menyebut nama gw, "Heh, heh, nama lu siapa ?". Gw yang merasa terpanggil lantas menengok kebelakang. "Apaan?", tanya gw ke Kuping. "Nama lu siapa?" Kuping bertanya yang sama ke gw. "Nama gw Sabrina", jawab gw agak sedikit sambil tertawa. "Sabrina? Sabrina apaaan lu, Sabrina Komat", jawab Kuping yang langsung bikin ketawa temen temen yang ada di dekatnya. 

Kalo kalian baca cerita gw sampai feedback terakhir dari Kuping tersebut, kalian pasti sadar kan betapa receh dan gak jelasnya asal usul nama panggilan Komat. Hanya dari percakapan singkat padat nggak jelas itu melahirkan citra yang buruk buat gw. Kenapa bisa jadi buruk ? jadi gini. Berawal dari obrolan singkat yang sudah di ceritakan, ternyata kuping dan kawan kawannya sepertinya membicarakan gw atau lebih tepatnya membuat gw jadi bahan hinaan yang empuk. Setelah kejadian itu setiap gw lewat depan Kuping dan teman temannya dia selalu manggil gw, "Heh sabrina komat" di iringi tawaan anak anak yang lain. Gw seperti yang kalian tau di kasih julukan kaya gw biasa ajah, emang uda biasa kok dari kecil hahaha. Namun makin lama panggilan sabrina komat jadi tinggal komatnya doang, dan parahnya lagi hampir satu angkatan manggil gw ya komat, bahkan sampa ada beberapa anak yang nggak tau nama asli gw, taunya nama gw komat. Kakak senior sampai dosen pun manggil gw demikian. menjamur cepet banget itu nama melebihi virus zombie. Kenapa gw bilang sampe menjatuhkan citra, ya coba aja kalian pikir gw cwe di panggil komat, komat itu kan terlalu jenaka untuk seorang wanita. mau gw dandan secantik apa atau seanggun apa gw bersikap, semuanya jadi terasa mental breakdown ketika gw di panggil komat.

Ya walaupun begitu gw nggak marah kok, mereka manggil gw kaya gitu. Bagi gw itu tuh kenangan gw di kampus yang keselnya masih berasa sampe sekarang wkwk. Temen temen kampus gw nggak ada yang berubah manggil gw denagn nama Ayu meskipun mereka sudah beranjak dewasa bahkan sudah berkeluarga. Hahahah ya sudah lya.. 

Yap itu dia beberapa penjelasan dan cerita singkat di balik nama julukan gw dari dunia pergaulan gw di Taman kanak kanak sampai gw kuliah. Sebenernya sih banyak banget nama julukan gw yang belum gw ceritain. Tapi seperti yang uda gw jelasin diatas, gw hanya menceritakan nama julukan gw yang paling populer selama gw hidup sekarang ini. Gw nggak marah dengan mereka manggil gw seperti itu, karena rata rata yang manggil gw kaya gitu hanya orang orang yang kenal deket sama gw. Orang yang nggak begitu kenal sama gw pasti manggil gw Ayu. Namun Setelah bersahabat suatu julukan pun muncul tiba tiba dan nggak bisa gw kontrol. Gw terima aja kok selama mereka itu adalah sahabat gw. Karena Ayu bukanlah panggilan dari sahabat sahabat gw. 

  






Komentar

Postingan populer dari blog ini

SI BUNGSU ADALAH BAYI BERTANDUK

OM PAPA